Facebook Menempel

Pengunjung Online

Back to Top

Jumat, 12 April 2013

MotoGP 2013: Fakta Tahun Ini

http://photos.motogp.com/2012/08/21/motogp_02_preview_169.jpg


RACEMOTOGP - MotoGP musim 2013 menjanjikan sebuah persaingan yang akan benar-benar ketat. Karena keemat pembalap diprediksikan akan bertarung dalam perburuan gelar juara. Valentino Rossi akan reuni kembali dengan Jorge Lorenzo di Yamaha Factory Racing, sementara Rookie MotoGP, Marc Márquez akan menjadi rekan setim Dani Pedrosa di Repsol Honda.

Sebelum sampai ke musim 2013, tahun lalu persaingan di MotoGP tidak terlalu ketat, dimana hanya Lorenzo dan Pedrosa yang bertarung sengit diparuh kedua musim. Selain itu, musim 2012 merupakan musim terakhir bagi Casey Stoner yang memutuskan untuk pensiun dengan membawa pulang dua gelar juara dunia. Sementara yang tidak akan terlihat di grid untuk saat ini adalah James Ellison, Michele Pirro, Ivan Silva dan Mattia Pasini.

Selain beberapa pembalap yang keluar, musim 2013 memiliki delapan pembalap baru yang akan bertarung di MotoGP tahun ini. Debut juara dunia Moto2 2012, Marc Márquez mungkin menjadi salah satu yang paling ditunggu selain Andrea Iannone, Bradley Smith, Lukas Pesek, Bryan Staring, Michael Laverty, Hiroshi Aoyama dan Claudio Corti.

Kekuatan grid tahun ini diilustrasikan oleh fakta-fakta berikut:

  • Sembilan dari pembalap telah memenangkan gelar juara dunia setidaknya dalam salah satu dari tiga jenjang dari Kejuaraan Dunia, sehingga total 23 gelar juara.
  • Tidak kurang dari 16 pembalap di grid telah memenangkan balapan setidaknya di salah satu dari tiga kelas.
  • Total gabungan kemenangan GP untuk entri pembalap MotoGP yang tetap tahun ini adalah 299.
  • Untuk tahun kedua secara berturut-turut, Colin Edwards (yang ternyata berusia 39 tahun pada bulan Februari) merupakan pembalap yang lebih tua di grid.
  • Pembalap termuda adalah Marc Márquez yang berusia 20 tahun. ia juga merayakan ulang tahunnya pada bulan Februari setelah mendominasi perebutan gelar juara Moto2 tahun lalu.

Tempat pertama yang menyambut balapan pertama musim 2013 adalah Losail International Circuit. Ini merupakan event MotoGP kesepuluh kalinya yang diadakan di Qatar.


 SUMBER : motogp.com

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Posting Komentar

Entri Populer