Facebook Menempel

Pengunjung Online

Back to Top

Jumat, 11 April 2014

Review: Pokemon X and Y


Pokemon merupakan serial game yang sangat laris di seluruh dunia, yang mana serial terbarunya berjudul Pokemon X & Y, game yang dikembangkan oleh Game Freak dan dirilis oleh Nintendo untuk konsol Nintendo 3DS mulai tanggal 12 Oktober 2013. Sejatinya, Pokemon X & Y merupakan 1 game yang sama, namun dikemas dalam 2 game yang berbeda. Maksudnya adalah game ini dijual dengan nama Pokemon X dan Pokemon Y.



Gameplay dari masing-masing Pokemon X dan Pokemon Y tetap sama, perbedaanya ada di Pokemon eksklusif dan legendaris yang dihadirkan pada setiap judul. Game ini memungkinkan gamers untuk saling mengirimkan atau bertukar Pokemon dengan gamers 3DS lain. Itulah yang menjadikan alasan pihak pengembang untuk mendorong gamers-nya saling bertukar Pokemon dan menggunakan fitur tersebut. Jadi, gamers tidak perlu membeli 2 game sekaligus untuk mendapatkan Pokemon eksklusif dan legendaris, cukup gunakan fitur itu dan dapatkan Pokemon yang diinginkan.

Game ini ditampilkan dalam pandangan orang ketiga. Grafis yang ditampilkan sangat halus dan penuh warna, bergaya anime dengan ngerakan karakter luwes dan mengalir, sehingga gamers akan merasakan pengalaman melihat anime Pokemon saat memainkan game ini. Gamers akan mengendalikan seorang trainer yang bertualang untuk menyelesaikan quest, menangkap serta melatih Pokemon. Pokemon X & Y mengadopsi sistem turn-base role-playing game untuk pertarungan antar Pokemon.

Setiap kali memenangkan pertarungan, Pokemon akan mendapatkan sejumlah experience point yang berguna untuk meningkatkan level-nya, statistik bertarung, kemampuan baru, bahkan berevolusi menjadi Pokemon yang lebih kuat. Selain menggunakan Pokemon yang dipilih pada saat memulai permainan, gamers juga bisa menangkap Pokemon liar yang ditemui dengan menggunakan Poke Ball dan memasukkan mereka ke dalam grup Pokemon yang dimiliki.



Salah satu fitur baru yang terdapat pada Pokemon X & Y adalah bisa mentransaksikan Pokemon yang dimiliki dengan gamers 3DS lainnya. Selain itu, sejak Pokemon: Black, White, Black 2 dan White 2, Pokemon-nya bisa dibawa ke game versi terbaru sehingga gamers bisa lebih semangat dalam menangkap Pokemon saat bertualang.


Untuk mentransfer Pokemon dari game lama ke Pokemon X & Y, gamers bisa menggunakan fitur Poke Transfer. Pokemon Bank merupakan layanan berbayar yang memungkinkan gamers untuk menyimpan hingga 3.000 Pokemon dalam cloud server secara online dan bisa membagikannya ke game Pokemon (yang mendukung) yang dimiliki.

Fitur baru lainnya adalah Mega Evolution yang akan membuat Pokemon berubah menjadi elvolusi terbaiknya. Untuk mengaktifkan Mega Evolution, gamers membutuhkan item spesial untuk membuat Pokemon berevolusi dengan durasi waktu singkat (sementara) saat pertarungan berlangsung. Beberapa Pokemon memiliki lebih dari satu jenis Mega Evolution. Pertarungan antar Pokemon juga ada yang baru seperti Sky Battle dan Horde Encounters.



Sky Battle adalah jenis pertarungan antar mid-air trainer yang mengharuskan setiap pesertanya untuk menggunakan Pokemon yang bisa terbang, sedangkan Horde Encounter adalah jenis pertarungan yang akan mengadu satu Pokemon yang dimiliki dengan banyak Pokemon liar sekaligus. Agar Pokemon bisa beraksi lebih baik pada saat bertarung, Pokemon dan gamers harus memiliki ikatan yang kuat.


Agar ikatan antara Pokemon dan gamers jadi lebih kuat, caranya adalah dengan menggunakan Pokemon-Amie, fitur yang mengbubungkan antara Pokemon dengan gamers via layar sentuh 3DS dan kamera. Melalui fitur itu, gamers bisa berinteraksi dengan Pokemon seperti bermain atau memberikan perlakuakn tertentu kepada Pokemon. Selain dari sisi ikatan kejiwaan, gamers juga bisa memperkuat Pokemon yang dimiliki dengan menggunakan Super Training. Terdapat banyak mini-game pada fitur tersebut untuk membangun status dasar Pokemon sehingga Pokemon akan jadi kuat dengan sendirinya.


Jalan cerita yang ditampilkan pada Pokemon X & Y sangat bisa ditebak dan tidak berbeda jauh dengan game Pokemon kebanyakan. Dimulai saat karkater bangun dari tidur, lalu bertemu dengan profesor dan memilih Pokemon awal (Chespin, Fennekin atau Froakie) yang akan menemaninya dalam berpetualang. Tujuan peran utama adalah untuk mengumpulkan 8 Gym Badges dan melawan para juara dari turnamen Pokemon. Namun, hal baru pada game ini adalah gamers bisa melakukan kustomisasi terhadap karakter seperti baju, rambut, warna kulit dan beberapa lainnya.



Seperti beberapa game Pokemon terdahulu, gamers bisa menemukan Pokemon liar secara acak dengan memasuki area rerumputan. Keputusan artificial intelligence (AI) dari Pokemon liar tidak terlalu bagus sehingga serangan mudah ditebak. Saat bertarung, posisi Pokemon pun tidak jauh berbeda dengan Pokemon: Black, tetapi dengan kualitas grafis yang jauh lebih bagus. Bagian terbaiknya adalah fitur Player Search System (PSS) yang memungkinkan 3DS untuk menemukan gamers disekitar yang sedang memainkan Pokemon X & Y.


Itulah review yang telah dibut untuk Pokemon X & Y. Bagi para penggemar Pokemon, ini adalah game yang sangat keren dan sangat direkomendasikan. Alasannya adalah Pokemon X & Y merupakan game yang menekankan sisi interaksi antar gamers-nya dengan fitur transfer Pokemon, pertarungan antar gamers dengan Wifi maupun online, khususnya antar game Pokemon X dan Pokemon Y.



Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Posting Komentar

Entri Populer