Facebook Menempel

Pengunjung Online

Back to Top

Senin, 14 April 2014

Tips and Tricks Assassin’s Creed 4: Black Flag - Perkuat Jackdaw Di Laut

http://media.officialplaystationmagazine.co.uk/files/2013/11/Assassins-Creed-4-jackdaw.jpg

Okay, setelah kemarin kami selesai mereview salah satu game yang paling sering dibicarakan belakangan ini, Assassin’s Creed 4: Black Flag, kali ini saya akan mencoba untuk mengupas lebih dalam lagi tentang game ini. Kali ini kami akan memberikan beberapa tips tentang bagaimana Anda dapat dengan mudah memenangkan pertempuran di laut dengan kapal Anda.
Pertempuran laut adalah sebuah masalah yang cukup kompleks di Assassin’s Creed IV, yang melibatkan banyak senjata, musuh yang tangguh, dan upgrade system yang rumit. Tetapi apabila Anda telah mengetahui dasar dari pertempuran ini, musuh-musuh seeprti Man-o-war, Fort, atau bahkan Legendary Ships dapat Anda taklukkan dengan mudah dan menyenangkan.


Weapons dan Upgrade
Elemen pertahanan dan penyerangan Jackdaw dapat di-upgrade, tetapi beberapa upgrade mungkin tidak sebaik yang lainnya. Anda dapat melihat list dari upgrade tersebut pada post selanjutnya untuk dapat menentukan upgrade apa saja yang sekiranya Anda butuhkan untuk kapal Anda. Disini kita akan mendiskusikan senjata apa saja yang harus Anda upgrade untuk meraih kesuksesan di pertempuran laut Anda, dan penggunaan senjata tersebut secara efektif.
Perlu diingat bahwa beberapa upgrade membutuhkan uang dan Resources seperti Wood, Metal, dan Cloth, yang akan Anda dapatkan pada saat pertempuran Anda dengan kapal perang lawan. Dua Resource lainnya, Sugar dan Rum, dapat Anda jual dengan harga jual yang cukup tinggi, dan Resource ini tidak dapat Anda gunakan untuk hal lain, jadi segera jual Sugar dan Rum Anda!

Upgrade Awal
Ketika Anda memulai petualangan Anda mengarungi samudera dengan kapal perang terbaik Anda, mungkin lautan luas bukanlah masalah. Anda dapat berfokus untuk mengupgrade item-item dibawah ini sejak awal perjalanan Anda, karena item-item tersebut akan membantu Anda menaklukkan kapal perang lain yang lebih besar dan tangguh.

environmental tactic

Heavy Shot — Ini adalah ammo paling kuat untuk Broadside Cannon Anda. Anda dapat menembakkan Broadside Cannon Anda dengan melihat pada sisi kapal perang Anda, tetapi untuk menggunakan Heavy Shot Anda tidak boleh menekan tombol “Aim”. Anda cukup menekan tombol “Fire”. Anda tetap dapat membidik tembakan Anda ketika menembakkan heavy shot dengan mensejajarkan kapal Anda dengan target yang dituju, tetapi Anda tidak dapat membidik secara vertikal, tidak seperti peluru cannon biasa Anda, Round Shot. Anda dapat melakukan hal ini setelah Anda melakukan upgrade di weapon shop.

Broadside Cannon — Meriam ini berbaris rapi pada sisi kapal perang Anda dan dapat diatur untuk membidik secara vertikal. Lihatlah pada sisi kapal Anda dan bidik sasaran Anda kemudian muntahkan muatan peluru baja yang ada di dalam meriam Anda. Sangat direkomendasikan apabila Anda menggunakan Heavy Shot di setiap pertempuran Anda, akan tetapi Round Shot yang Anda miliki juga dapat Anda upgrade menjadi lebih powerful. Yakinkan kembali bahwa penambahan meriam adalah prioritas utama Anda.

Hull Armor — Alasan dibalik upgrade ini sebenarnya sudah cukup jelas. Semakin jauh Anda memainkan game ini, kapal perang musuh dan fort mereka akan semakin besar dan tangguh. Mengupgrade hull armor Anda mungkin akan terbilang mahal, baik secara biaya maupun sumber daya yang dibutuhkan, tetapi upgrade ini sangatlah penting – terutama apabila Anda menghadapi musuh-musuh yang sangat kuat di laut lepas. Ketika Anda berhasil menemukan dan membuat sebuah ‘Elite Hull Armor,’ Anda juga akan mendapatkan sebuah kemampuan untuk menabrak kapal perang lawan tanpa adanya damage terhadap kapal Anda, tergantung apakah Anda siap untuk benturan atau tidak. Upgrade tersebut juga akan menambahkan warna gelap yang sangat keren di kapal perang Anda, yang juga menjadi nilai tambah dari upgrade ini.

battle 1

Swivel Gun – Senjata ini dapat Anda gunakan untuk menyerang target yang lebih kecil, yang ditandai oleh indikator berwarna merah dan kuning pada kapal perang lawan. Untuk dapat melihat target ini, Anda terlebih dahulu harus menyerang lambung kapal lawan dengan Broadside Cannon Anda. Ketika Anda melihat titik kelemahan ini mulai bermunculan, tahan tombol untuk menggunakan Swivel Gun Anda hingga terbidik ke sasaran Anda, kemudian lepaskan tombol tersebut untuk menembak sasaran Anda. Gunakan Swivel Gun ketika seluruh senjata Anda sedang melakukan reload. Senjata ini dapat menghasilkan damage yang cukup besar. Perlu diingat bahwa upgrade tingkat Elite dari Swivel Gun ini akan memungkinkan Anda untuk menembakkan secara terus menerus Swivel Gun ke arah target dengan fire rate yang lebih cepat.

battle 2

Chase Cannon — Senjata ini akan melontarkan Chain Shot, yang hanya menghasilkan sedikit damage, namun secara temporer akan mengagetkan kapal perang musuh, mencegah mereka untuk menembak atau melakukan manuver secara cepat. Ini sangatlah penting untuk pertempuran awal Anda dengan Man-o-war dan Legendary Ship. Anda dapat menembakkan Chase Cannon Anda dengan menghadap langsung ke kapal perang musuh, membidiknya, dan kemudian menembaknya dengan tombol fire. Bidikkan senjata Anda ke arah tiang layar untuk memperlambat kapal dan mengejutkan mereka, kemudian lakukan manuver ke bagian belakang kapal dan tembakkan Round Shot, Heavy Shot, dan Swivel Gun di belakang mereka. Taktik ini terbukti berhasil untuk menaklukkan sebagian besar kapal perang lawan, bahkan yang tertangguh sekalipun.

Upgrade Sekunder
Ini adalah upgrade untuk Jackdaw yang akan berguna di petualangan Anda selanjutnya.
Ram — Menabrak kapal perang yang berukuran dua kali lipat kapal perang Anda mungkin bukan ide bagus, oleh sebab itu sebuah upgrade untuk kapal Anda akan memberikan manfaat langsung kepada kapal perang serta awak kapal Anda ketika Anda menghadapi musuh yang lebih besar. Brig dan frigate akan mendapatkan damage yang cukup besar ketika Anda menabrak mereka, dan kebanyakan schooner dan gunboat akan tenggelam atau hancur hanya dengan sekali tabrak. Dipasangkan dengan upgrade Elite Hull, tabrakan Anda akan sangat berguna karena Jackdaw tidak akan lagi menerima damage ketika Anda menabrakkannya dengan kapal perang musuh.

mortar

Mortar — Meriam jarak jauh ini sangat berguna untuk menyerang Fort, karena kurang efektif untuk menyerang objek yang bergerak. Senjata ini juga akan mengungkap posisi Anda kepada musuh, menjadikan serangan kejutan Anda kurang efektif. Anda dapat mengaktifkan mortar dengan menekan tombol Mortar Aim dan kemudian tombol Fire. Bidik crosshair Anda ke arah musuh hingga berubah menjadi warna merah dan tembakkan. Walau begitu, apabila serangan kejutan bukan gaya bermain Anda, mortar sangatlah efektif untuk menimbulkan kerusakan yang cukup besar pada kapal perang besar yang bergerak lambat pada awal pertempuran.

Fire Barrel — Bahan peledak yang mengapung ini harus ada pada urutan terbelakang di daftar upgrade Anda. Fire Barrel kurang memiliki fungsi yang besar karena musuh akan dengan mudah menghindarinya, kecuali musuh Anda mendekat dari belakang dan hampir menyentuh Anda. Untuk menggunakannya, Anda dapat menuju ke bagian belakang kapal perang Anda dan menekan tombol Fire untuk menjatuhkan muatan peledak ini. Anda dapat menggunakan Swivel Gun sebagai detonator dengan menembaknya dari jarak jauh untuk radius ledak yang cukup besar, tetapi berhati-hatilah karena kontak langsung dengan Fire Barrel akan meledakkan kapal perang Anda.

Taktik Pertempuran
Kejutkan kapal perang musuh dengan Chase Cannon (Chain Shot): Anda harus memulai pertempuran dengan metode ini untuk memberikan diri Anda waktu untuk melakukan manuver ke posisi menyerang. Perlu diingat apabila Anda menghadapi kapal perang yang lebih besar (terutama Legendary Ship) efek kejut yang dihasilkan oleh Chain Shot akan sangat minim, yang hanya menambahkan beberapa detik celah untuk Anda menyerang mereka.

battle 3

Lakukan manuver dengan Jackdaw ke arah belakang kapal perang musuh: Lakukan putaran ke belakang kapal perang musuh, kira-kira membentuk sudut 45 derajat, dengan moncong Broadside Cannon Anda yang mengarah ke bagian belakang kapal perang musuh dan tembakkan ke bagian bawah lambung kapal mereka.

battle 4

Tembak!: Tetap di posisi Anda, tambahkan dan kurangi kecepatan Anda secara perlahan serta lakukan putaran sambil menembakkan Heavy Shot pada bagian belakang dan sisi bagian belakang, manuver ini harus Anda jaga supaya kapal perang Anda tidak masuk jarak tembak dari kapal perang musuh. Bidihlah serendah mungkin dan tembakkan Heavy Shot pada musuh secara terus menerus, bergantian dengan Swivel Gun ketika Broadside Cannon Anda sedang di-reload.

battle 5

Ulangi langkah tersebut: Anda dapat mengulangi metode diatas apabila kapal perang musuh berusaha menghindari Anda, cukup tambahkan kecepatan Anda dan lakukan manuver menyerang sambil terus menembakkan Chase Cannon Anda untuk mengejutkan lawan.

Tips lain yang akan membantu pertempuran Anda di laut
  • Kapal perang yang paling tangguh ada di daerah selatan, termasuk Man o’ War dan beberapa kapal perang tangguh lain.
  • Taklukkan kapal perang yang tangguh sendirian — apabila Anda mengikuti sebuah kapal perang tanpa menembakinya, kapal tersebut akan memisahkan diri dari armada mereka. Walau begitu, apabila ada beberapa gunboat di sekitar atau beberapa kapal lain yang lebih kecil yang mengiringi target Anda, Anda dapat menggunakan mereka untuk memperbaiki Jackdaw ketika Anda melakukan penyerangan. Cukup menaiki mereka dan pilihlah opsi Repair Jackdaw.
  • Hancurkan Fort untuk menghilangkan ancaman di daerah musuh. Ini akan memudahkan perburuan Anda terhadap kapal perang musuh.
  • Anda tidak harus bertempur dengan sebuah kapal perang untuk mendapatkannya. Cukup lakukan manuver ke rute kapal tersebut akan bergerak, keluar dari Jackdaw, naiki kapal perang musuh, dan Anda dapat membunuh seluruh awak kapal musuh. Ketika Anda selesai melakukan hal tersebut Anda dapat langsung mengambil alih kapal tersebut. Metode ini tidak dapat Anda terapkan apabila Anda ada terlibat dalam sebuah peperangan, jadi Anda harus melakukannya sambil mengendap-endap. Hal ini akan membutuhkan sedikit waktu, dan ini tidak akan seheboh yang Anda kira, tetapi metode ini sangatlah efektif untuk mengambil alih kapal perang raksasa dari awal permainan. Catatan: Metode ini tidak akan bisa Anda terapkan kepada Legendary Ship. Anda akan langsung terbunuh apabila Anda mencoba untuk merebutnya dengan cara ini.

Board the ship, Lads!

duel kapal 2

Ketika Anda menggunakan Spyglass untuk melihat posisi kapal musuh, Anda juga dapat melihat langsung loot apa yang mereka punya sekaligus memutuskan apakah Anda akan membajak kapal tersebut atau tidak. Apabila Anda menenggelamkan kapal perang lawan, Anda hanya akan mendapatkan setengah dari loot yang ada di kapal tersebut. Perlu dicatat bahwa apabila Anda menenggelamkan sebuah Royal Convoy Anda akan tetap mendapatkan loot penuh. Sama seperti yang telah kami tegaskan sebelumnya, Anda tidak akan pernah bisa ‘menunggangi’ seluruh Legendary Ship.

Apabila Anda gagal untuk membajak kapal perang musuh — atau ketika health meter Anda mulai kritis — menepilah ke arah sisi dari kapal tersebut dan ikuti deretan tombol yang ditampilkan. Daerah yang dimaksud adalah sudut yang disoroti, yang ada pada bagian sisi dari kapal musuh. Apabila Anda menyerang kapal tersebut, dengan menabraknya atau dengan metode apapun, Anda beresiko untuk menenggelamkannya. Anda dapat menyuruh anak buah kapal Anda untuk melontarkan kait ke arah kapal target dan menaiki kapal tersebut. Anda kini dapat menyeberang sambil berayun dengan tali.

Tujuan utama Anda di sini adalah membunuh kapten kapal musuh. Anda dapat menyerang kapal musuh dengan cara apapun, atau mendaki tiang layar untuk melakukan serangan dari atas. Anda juga dapat menggunakan Swivel Gun untuk menyerang kapal perang musuh.

Untuk dapat berhasil merebut kapal perang lawan, Anda harus membunuh kedua scout musuh yang ada pada bagian atas kapal. Anda dapat dengan mudah ke bagian atas kapal tersebut dengan ‘lift instan’, bagaimanapun hal ini sangatlah beresiko. Musuh yang berada pada bagian atas akan menunggu pergerakan Anda dan akan langsung menyerang Anda sebelum Anda menyerang mereka. Ini akan mengirim Anda kembali ke bawah dengan sangat keras, yang dapat langsung membunuh Anda. Gunakan jalur yang lebih lambat dengan mendakinya. Walau terlihat kurang keren, Anda tidak akan terlihat lebih keren apabila gravitasi membunuh Anda secara instan.

Ketika sebuah kapal perang berhasil Anda rebut, Anda memiliki tiga opsi untuk memanfaatkan kapal perang tersebut.
  • Menurunkan Wanted Level – Metode ini tidak hanya menurunkan wanted level Anda, tetapi juga memberikan Anda lebih banyak awak kapal.
  • Mengalihkannya ke minigame Kenway’s Fleet – Ganti kapal perang Anda yang lebih lemah menjadi lebih besar dan kuat. Anda juga dapat menjual kapal tersebut untuk mendapatkan diamond (yang digunakan sebagai mata uang di minigame)
  • Perbaiki Jackdaw – Apabila kapal perang Anda mengalami kerusakan saat pertempuran, Anda dapat menggunakan material dari kapal perang yang telah Anda taklukkan untuk memperbaiki kapal perang Anda.

Tipe dari Kapal Perang Musuh

tipe kapal
  • Man o’ War – Kapal perang terbesar milik musuh. “Mampu membawa 100 meriam,” membawa segala macam resource dan uang dalam jumlah besar. untuk menaklukkan kapal ini Anda harus memenuhi beberapa objective dan mengalahkan 20 orang.
  • Frigate – Sebuah kapal yang menjadi sangat tangguh seiring dengan berjalannya game. Kapal ini membawa resource dalam jumlah sedang. Anda harus memenuhi beberapa secondary objective dan mengalahkan 15 orang untuk mendapatkan kapal ini.
  • Brig – Kapal perang yang cukup tangguh untuk dihadapi, membawa resource dalam jumlah kecil dan beberapa kali akan menabrak kapal perang Anda. Anda harus mengalahkan 10 orang untuk dapat merebut kapal jenis ini.
  • Schooner – Kapal berukuran sedang yang mudah untuk ditaklukkan. Kapal ini membawa Rum dan Sugar. Anda perlu menghabisi 5 orang awaknya untuk dapat membajak kapal ini.
  • Gunboat – Sebuah kapal kecil yang dilengkapi dengan meriam kecil. Kapal ini hanya membawa ammo. Anda tidak bisa membajak kapal ini (maksud kami, come on! masa kalian mau membajak kapal yang berukuran jauh lebih kecil?!)
Beberapa objective yang dibutuhkan untuk merebut kapal tersebut antara lain: Membunuh para scout, membunuh para officer, membunuh sang kapten, menghancurkan persediaan mesiu musuh, atau menghancurkan bendera di kapal musuh.
Perlu dicatat bahwa Anda dapat menggunakan Swivel Gun untuk menembakkan lima cannon kecil ke arah perahu yang ingin Anda bajak. Dalam kasus ini apabila Anda ingin membajak schooner atau brig, metode ini dapat menggantikan objective untuk menaiki kapal musuh apabila Anda membidiknya secara seksama.

Know Your Surroundings

environmental tactic

Perubahan cuaca dapat merubah keseluruhan pertempuran Anda. Badai akan selalu ada, bahkan di medan perang, dan Anda dapat memilih untuk menghindarinya atau menerobosnya. Kapal perang musuh juga akan terpengaruh oleh cuaca, memungkinkan Anda untuk mendapatkan keuntungan taktis apabila Anda mampu untuk memanfaatkannya. Hadapi gelombang besar dengan mengarahkan kapal Anda ke arah mereka dan menerobosnya, serta tornado laut yang akan merusak kapal Anda juga musuh.
Taktik lainnya juga dapat Anda terapkan seperti penggunaan ombak sebagai alat berlindung Anda. Tembok air ini akan berfungsi sebagai pelindung dari peluru meriam yang ditembakkan ke arah Anda, jadi Anda dapat memanfaatkan kekuatan sang ‘Mother Nature’ untuk melindungi kapal Anda dari serangan lawan.

 sumber: http://revidmedia.com

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Posting Komentar

Entri Populer